RUANG LINGKUP BISNIS

BAB 1

1.1.Pengertian Bisnis dan Jenisnya

1.1.1. Pengertian Bisnis

Berikut ini adalah beberapa pengertian Bisnis, antara lain:

  • Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang& jasa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat(bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990].
  • Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert].

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa, Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

1.1.2. Jenis Bisnis:

  • Usaha Perorangan: Sebuah kepemilikan tunggal adalah satu orang saja. He or she will have unlimited liability for all debts of the business, and the income or loss from the business will be reported on his or her personal income tax return along with all other income and expense he or she normally reports (although it will be on a separate schedule). Dia atau dia akan memiliki kewajiban yang tidak terbatas untuk semua hutang usaha, dan pendapatan atau kerugian dari bisnis akan dilaporkan pada pengembalian pajak penghasilan nya pribadi bersama dengan semua pendapatan lainnya dan beban dia biasanya laporan (meskipun akan jadwal terpisah). Although proprietorship avoids the expense of forming a partnership or corporation, many start businesses this way because they are unfamiliar with the other forms of organizations. Meskipun kepemilikan menghindari biaya membentuk kemitraan atau korporasi, bisnis mulai banyak cara ini karena mereka tidak terbiasa dengan bentuk-bentuk organisasi.
  • General Partnership: In a general partnership, each of the two or more partners will have unlimited liability for the debts of the business. Umum Kemitraan: Dalam kemitraan umum, masing-masing dari dua atau lebih mitra akan mempunyai kewajiban tidak terbatas atas hutang bisnis. The income and expense is reported on a separate return for tax purposes, but each partner then reports his or her pro-rata share of the profit or loss from the business as one line on his personal tax return. Pendapatan dan beban dilaporkan pada kembali terpisah untuk tujuan pajak, tetapi masing-masing mitra kemudian melaporkan dirinya bagiannya atau pro-rata laba atau rugi dari bisnis sebagai satu baris pada SPT pribadinya.
  • Limited Partnership: With a limited partnership, each of the general partners has unlimited liability for the debts of the partnership, but the limited partner’s exposure to the debts of the partnership is limited to the contribution each has made to the partnership. Limited Partnership: Dengan kemitraan yang terbatas, masing-masing mitra umum mempunyai kewajiban yang tidak terbatas atas hutang kemitraan, tetapi terbatas mitra paparan ke hutang kemitraan adalah terbatas pada kontribusi masing-masing telah dibuat untuk kemitraan. With certain minor exceptions, the reporting for tax purposes is the same as for a general partnership. Dengan pengecualian kecil tertentu, pelaporan untuk tujuan pajak adalah sama seperti untuk kemitraan umum.

1.2.Tujuan dan Kebijakan Bisnis

1.2.1. Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:

  1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
  2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
  3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
  4. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
  5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
  6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja.

1.2.2. Kebijakan Bisnis

Kebijakan Bisnis adalah panduan yang menetapkan aturan, peraturan dan tujuan, dan dapat digunakan dalam manajer keputusan-keputusan. It must be flexible and easily interpreted and understood by all employees. Ini harus fleksibel dan mudah diinterpretasikan dan dipahami oleh semua karyawan. Sebagai contoh penerapan kebijakan bisnis di Perusahaan Fujitsu (dikenal dengan Way Fujitsu) adalah:

  • We use Field Innovation to find new approaches and the inspiration to improve ourselves, while delivering added value to our Menggunakan Lapangan Inovasi untuk menemukan pendekatan baru dan inspirasi untuk memperbaiki diri, sementara memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
  • We provide global environmental solutions in all our business areas.Menyediakan solusi lingkungan global di segala bidang bisnis.
  • Fujitsu Group companies work together to accelerate our global business expansion.Fujitsu perusahaan-perusahaan Grup bekerja sama untuk mempercepat ekspansi bisnis global.

1.3.Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

1.3.1. Sistem perekonomian

Sistem Perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

1.3.2. Sistem Pasar

Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

  • Perekonomian pasar campuran

Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana. Saat ini, banyak negara-negara yang telah melakukan —pengubahan status perusahaaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.

1.4.Kesempatan Bisnis/ Usaha

Kesempatan bisnis/usaha adalah sebuah peluang usaha itu, esensinya adalah asas manfaat. Semua kondisi yang di tawarkan kepada anda, adalah penawaran terhadap sebuah aktifitas bisnis yang pantas untuk anda geluti dan tentu saja bisa memberikan keuntungan yang luar biasa kepada anda. Dengan catatan, jika peluang usaha yang dimaksud benar-benar  di manfaatkan dan di kemas sedemikian rupa sehingga bisa memberikan manfaat yang di harapkan.

1.5.Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi

Unsur penting dalam aktivitas ekonomi yaitu keinginan manusia. Keinginan manusia secara umum terbagi menjadi dua yaitu,  keinginan manusia beraneka ragam, dan yang kedua keinginan manusia tanpa batas.

1.6.Hakikat Bisnis

Bisnis pada hakikatnya merupakan suatu orang atau lebih yang memiliki kegiatannya menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Namun dalam dunia bisnis kita pun harus jeli melihat kesempatan yang ada untuk melakukan inovasi dalam dunia bisnis kita. Karena bila kita tidak seperti itu, bisnis yang kita jalani akan terdapat unsur yang sia-sia. Setiap bisnisman ataupun wiraswastawan harus memiliki dua unsur, unsur tersebut antara lain ialah keberanian dan kemauan yang kuat untuk menginvestasikan modal dan menjalankan bisnis tersebut. Karena bila kita tidak memiliki kedua unsur tersebut, maka pada akhirnya bisnis yang kita jalani tidak akan mengalami perubahan yang berarti, bahkan dampak yang paling buruknya bisnis yang kita jalani akan mengalami kebangkrutan (gulung tikar).

1.7.Mengapa Belajar Bisnis?

­­­Belajar bisnis itu sangat penting. Karena sebagai bekal untuk memulai membuka usaha. Sehingga kita dapat mempelajari dan tahu seperti apa dan bagaimana bisnis itu. Dan dapat menjalankan bisnis dengan baik dan benar.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s