Hukum Perikatan

  • Abstraksi

Hukum adalah segala peraturan-peraturan atau kaedah-kaedah dalam kehidupan bersama yang dapat dipaksakan dengan suatu sanksi dalam pelaksanaannya. Dan tujuan dari sebuah hukum adalah untuk menjaga keamanan dan ketentraman bangsa. Sebagaimana adanya hukum yang berlaku diharapkan bangsa Indonesia mempunyai pola hidup disiplin dan patuh dengan hokum yang berlaku.

 

  • Pendahuluan

Perikatan dalam bahasa Belanda disebut “verbintenis”. Istilah perikatan ini lebih umum dipakaidalam literatur hukum di Indonesia. Perikatan dalam hal ini berarti; hal yang mengikat orangyang satu terhadap orang yang lain. Hal yang mengikat itu menurut kenyataannya dapat berupa perbuatan, misalnya jual beli barang. Dapat berupa peristiwa, misalnya lahirnya seorang bayi,meninggalnya seorang. Dapat berupa keadaan, misalnya; letak pekarangan yang berdekatan,letak rumah yang bergandengan atau letak rumah yang bersusun (rusun). Karena hal yangmengikat itu selalu ada dalam kehidupan bermasyarakat, maka oleh pembentuk undang-undangatau oleh masyarakat sendiri diakui dan diberi ‘akibat hukum’. Dengan demikian, perikatan yangterjadi antara orang yang satu dengan yang lain itu disebut hubungan hukum.

 

  • Pembahasan

Pengertian hukum perdata secara umum adalah hukum yang mengatur hubungan antara orang per orang dalam suatu lingkungan masyarakat yang terbagi menjadi beberapa bagian. Hukum perdata sering juga diartikan sebagai hukum privat atau hukum sipil. Hukum perdata bisa juga diartikan sebagai rangkaian peraturan yang terangkum dalam suatu hukum tertulis yang berfungsi untuk mengatur hubungan dalam jalur hukum yang terjalin antara orang per orang dengan mementingkan kepentingan secara perorangan atau pribadi.

Pengertian lain dari hukum perdata adalah peraturan dan ketentuan yang dibuat untuk mengatur dan membatasi ruang gerak masyarakat dalam ruang lingkup usaha seseorang untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan, agar terjalin kondisi masyarakat yang adil. Sedangkan pengertian dari hukum perdata interansional adalah keseluruhan dari kaidah – kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan hukum dalam ruang lingkup lintas negara. Atau dengan kata lain suatu peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum diantara para subyek hukum dalam aturan hukum perdata yang berbeda/menurut negara masing – masing.

Hukum Perdata Menurut Ahli

Beberapa ahli mengautarakan pengertian hukum perdata sebagai berikut :

Sebekti : hukum perdata dalam arti luas meliputi semua hukum privat materiil yaitu suatu hukum pokok yang mengatur kepentingan – kepentingan dalam ruang liangkup orang per orang (perseorangan)

Sri Soedewi Masjcoen Sofwan : hukum perdata adalah hukum yang mengatur kepentingan yang terjalin antara warga negara (perorangan) dengan warga negara lainnya.

Wirjono Prodjodikoro : hukum perdata dalah suatu rangkaian hukum antara orang atau badan hukum yang berkaitan satu sama lain dalam tujuan untuk mendapatkan hak dan menjalankan kewajibannya.

Hukum Perdata Dalam Arti Luas dan Sempit

Hukum perdata dalam arti luas bisa ditafsirkan sebagai hukum yang telah diatur dan tertulis dalam KItab Undang – Undang Hukum Perdata (BW), Kitab Undang – Undang Hukum Dagang (WvK) dan beberapa hukum tambahan lainnya seperti undang – undang mengenai perniagaan dan undang – undang mengenai koperasi. Sedangkan hukum perdata dalam ruang lingkup sempit bisa diartikan sebagai segala peraturan – peraturan yang telah dituangkan dalam Kitab Undang -Undang Hukum Perdata (BW) dan adakalanya hukum perdata dalam arti sempit dijadikan sebagai lawan hukum dagang

  • Kesimpulan

Hukum perdata adalah peraturan dan ketentuan yang dibuat untuk mengatur dan membatasi ruang gerak masyarakat dalam ruang lingkup usaha seseorang untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan, agar terjalin kondisi masyarakat yang adil.

Sebagaimana dengan pengertian diatas hokum dibuat untuk membatasi ruang gerak masyarakat agar terjalin masyarakat yang mempunyai polsa hidup disiplin.

  • Sumber

http://p4hrul.wordpress.com/2012/04/19/hukum-perikatan/

http://indobeta.com/pengertian-hukum-perdata-dalam-berbagai-sudut-pandang/5699/

 

Nama kelompok :

•        Putra Agung Rachman (25210426)

•        Danny Sulistyono Putra (21210683)

Kelas : 2EB06

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s