PERTANYAAN DAN JAWABAN (BAB 7, 8, dan 9)

  1. Apa Tujuan dari akuntansi inflasi ?Tujuan akuntansi inflasi adalah untuk mengukur kinerja suatu perusahaan dan memungkinkan setiap orang yang tertarik untuk mengukur jumlah, waktu, dan kemungkinan arus kas masa depan.
  2. Investor memerlukan laporan keuangan yang disesuaikan dengan tingkat harga spesifik dan bukan tingkat harga umum. Mengapa?Karena penyesuaian tingkat harga spesifik (model biaya kini yang kita gunakan) menentukan jumlah maksimum yang dpat dibayarkan oleh perusahaan sebagai dividen (kekayaan yang dapat dibagikan) tanpa mengurangi kapasitas produktifnya.
  3. Bagaimana  Keuntungan dan Kerugian Inflasi yang terjadi di Inggris ?Di Inggris , keuntungan dan kerugian pos-pos moneter dipisahkan menjadi modal kerja moneter dan mekanisme penyesuaian. Kedua angka tersebut ditentukan melalui perubahan harga khusus (dan bukan umum).
  4. Apa yang di maksud dengan “Laba Biaya Kini Teratribusi Kepada Pemegang Saham” ?Yaitu Mekanisme penyesuaian mengindikasikan manfaat (atau biaya) kepada para pemegang saham yang berasal dari pembiayaan utama selama suatu periode perubahan harga. Angka-angka ini ditambahkan atas (dikurangi dari) laba operasi biaya kini untuk menghasilkan ukuran kemakmuran yang dapat dihapuskan
  5. Kurs pasar bebas lebih disukai dengan satu pengecualian, yaitu ? Jelaskan!

    apabila terdapat kontrol nilai tukar yang khusus (yaitu apabila beberapa jenis dana yang secara pasti telah dialokasikan untuk transaksi tertentu dengan kurs nilai tukar valuta asing khusus yang berlaku), kurs yang berlaku tersebut harus digunakan.

  6. Jelaskan apa yang di maksud dengan Penangguhan keuntungan atau kerugian translasi menutupi perilaku perubahan kurs nilai tukar !yaitu perubahan kurs merupakan fakta historis dan para pengguna laporan keuangan terlayani dengan baik jika pengaruh fluktuasi kurs nilai tukar diperhitungkan pada periode saat terjadinya. Sesuai dengan FAS No.8 (par.199),”Kurs nilai tukar berfluktuasi: akuntansi harusnya tidak memberikan kesan bahwa kurs nilai tukar tetap stabil.”
  7. Apa yang menyebabkan perubahan harga spesifik mengacu pada perubahan dalam harga barang atau jasa ?Perubahan harga spesifik mengacu pada perubahan dalam harga barang atau jasa tertentu yang disebabkan oleh perubahan dalam permintaan dan penawaran.
  8. Bagaiman penggunaan indeks harga pada Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga ?Angka indeks harga digunakan untuk mentranslasikan jumlah uang yang dibayarkan selama periode terdahulu menjadi ekuivalen daya beli pada akhir periode.
  9. Metode apa yang digunakan dalam index harga pada Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga ?GPLc / GPLtd x Jumlah nominaltd = PPEc

    Ket :

    GPL = indeks harga umum

    c = periode kini

    td = tanggal transaksi

    PPE = ekuivalen daya beli umum

    Objek Penyesuaian Tingkat Harga Umum

  10. Apa yang di maksud dengan Mata Uang Asing, Mata Uang Lokal & Mata Uang Fungsional ?

    -Mata uang asing berarti semua mata uang selain mata uang negara yang bersangkutan atau semua mata uang selain mata uang fungsional dari suatu entitas.

    -Mata uang lokal adalah mata uang dari negara tertentu atau mata uang yang dinyatakan dalam kegiatan domestik maupun luar negeri dari negara yang bersangkutan.

    -Mata uang fungsional adalah mata uang yang berlaku di wilayah utama perusahaan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s